WELCOME

Thursday, March 04, 2010

Sepenggal Kisah Menuju Kawah Ratu

Aslmkm Wr Wb. Penjelajahan hutan atau jungle exploration tahun ini sudah dimulai dengan mengunjungi Kawah Ratu di daerah Pasir Rengit, Jawa Barat. Kawah Ratu merupakan bagian dari taman nasional gunung halimun dan juga merupakan salah satu daerah belerang di Indonesia yang indah dan luaaaarrrrr biasa. Perjalanan menuju Kawah Ratu, yang dilakukan oleh saya dengan beberapa teman, dimulai pada pukul 7 pagi WIB dari daerah Pasir Rengit (dekat pusat pelatihan TNI rindam). Rute yang diambil lumayan jauh dan tidak mudah karena melewati hutan2, sungai2, dan daerah2 yg terdapat lumpur hisapnya serta daerah bebatuan terjal dan padat pepohonan. Rute yang dilalui juga merupakan rute yang penuh dengan tanjakan dengan tingkat kemiringan yang berbeda-beda. Pukul 12 siang WIB kami sampai di Kawah Ratu. Luarrrr Biasa, Allahu Akbar, kebesaran Allah lah yang dapat menciptakan itu semua. Sekeliling kami dipenuhi oleh belerang dan air panas yang banyak sekali yang membentuk kawah, dimana kita bisa mandi di kolam2 air panas yang ada. Pada saat itu kami tdk bertemu dengan rombongan pengunjung lain, hanya rombongan kami yang ada di tepat tsb. Begitu damai dan begitu menggelegarnya suara gas serta uap yang keluar dari lubang2 yang ada di beberapa bagian di Kawah Ratu tsb. Kami beristirahat selama 1 jam untuk makan dan mengambil gambar2. Pukul 13:00 WIB kami memulai perjalanan kembali untuk pulang. Perjalanan pulang juga bukan merupakan perjalanan yang mudah karena selain melalui medan yang hampir sama kondisinya kami mengambil jalan memutar, namun kali ini rute yang kami lalui menurun dengan beragam tingkat kemiringan. Dalam perjalanan pulang tersebut kami ditemani oleh hujan yang sangat lebat sehingga beberapa rute terendam air setinggi lutut. Selain itu banyak rute yang menjadi licin. Alhamdulillah akhirnya kami berhasil mencapai penginapan pukul 16:30 WIB. Pada setiap akhir perjalanan yang saya dgn beberapa teman lakukan, saya selalu mencoba introspeksi diri dan mensyukuri betapa banyak dan beragamnya ciptaan Allah SWT. Janganlah kita menjadi sombong dan lupa siapa diri kita ini. Apabila kita sedang berada di tengah hutan belantara kita akan merasakan betapa kecil dan tidak berdayanya kita ini. Allahu Akbar. Siapa sebenarnya diri kita masing2 ini? hanya kita sendiri yang dapat menjawab. Hal bermanfaat apa yang dapat kita lakukan untuk agama dan orang lain selama kita hidup? kita sendiri juga yang dapat menjawab pertanyaan itu. Semoga bermanfaat. Amin. Oh ya, satu lagi dan saya anggap penting yaitu saya berharap bagi para pendaki gunung, penjelajah hutan serta pecinta lingkungan hidup/alam lainnya, apabila sedang melakukan kegiatan janganlah membuang sampah sembarangan apalagi sampah plastik. Lumayan banyak sampah plastik yang saya lihat selama perjalanan menuju Kawah Ratu. Sayangilah alam kita ini. Apabila makin banyak sampah yang ada maka akan lebih tinggi gunung sampah dibanding gunung2 yang ada di Indonesia. Janganlah sampai terjadi. Amin. Cintailah alam ini, LOVE IT OR LEAVE IT.

Say hello again...

Aslmkm Wr Wb.

Teman-teman pembaca, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya karena selama ini saya belum sempat menulis lagi. Insya Allah dalam waktu dekat saya akan coba menulis lagi dan semoga bermanfaat.

Yours Sincerely,

Sunday, August 10, 2008

Bunaken

Hari ini saya teringat bahwa saya pernah mengunjungi bunaken. Bunaken adalah taman laut terindah ketiga di dunia dan ternyata saya dengar bunaken mendapatkan dana dari salah satu raja di eropa yang peduli dengan kelestariannya. Untuk mencapai bunaken kita dapat menggunakan perahu layar dari pelabuhan di kota manado. Dengan menempuh jarak yang lumayan kira-kira 30 menit perjalanan kita sudah sampai di bunaken.
Terumbu karang di bunaken sangat indah. Saya pribadi berharap supaya kelestarian bunaken dapat tetap dipertahankan. Kepedulian kita terhadap lingkungan seperti bunaken dan tempat-tempat lain di Indonesa adalah salah satu faktor pendukung yang dapat melestarikan lingkungan-lingkungan wisata kita.

Salam,

Friday, January 25, 2008

DAZZLING ISLANDS...

As you know about Indonesia, it consists of many dazzling islands from the very west (Sabang) to the very east (Papua). Indonesia has many various ecosystem in water (many kinds of fish), air (many various species of bird), land (fertility of our soil), forests (kayu hitam, kayu besi, etc), and mines (gold, coal,silver, etc). We need unlimited words to express the beauty and riches of our beloved country, INDONESIA.

Unfortunatelly, we as citizen of Indonesia do not aware of this (I mean the beauty and riches of Indonesia). We need to protect, to conserve, to preserve, and to manage it for our grand grand grand children. And also we can use it wisely for wealth of citizen of Indonesia.

By the way, Indonesia also has riches in culture - many various cultures- from very west to very east of Indonesia. The riches come from the difference cultures we have in Indonesia. WOW!!!.

REMEMBER!!! We also have many beautiful places like bali, bangka, yogyakarta, etc.
That is INDONESIA. LOVE IT OR LEAVE IT.

Thursday, September 28, 2006

My Hobby

Friends I have photos or pictures that I took with my lumix camera. Perhaps, you can enjoy it. You can access my photos collection from this link http://www.fotografer.net/. You can access the website by typing my name on the search engine "arief anang", so you can see all the pictures I've made from 2005 until now.

On 2007, I bought new camera Canon 350 D. It's SLR Digital Camera. With the camera I can express all my idea in my photos or in my pictures. Unfortunatelly, I still have no time to write the story of my country from west to east in this blogger. But, this year on 2008, I'll start to write the beautifullness of my country in this blogger and the beautifullness of my country in the pictures. I promise to you, all readers. I have chance for it because every year I have assignments from my office to accomodate research done by Indonesia's researchers from west to east Indonesia, from state universities and private universities.

Friday, July 08, 2005

Kebahagiaan Hidup

Kebahagiaan hidup dapat di kita raih apabila kita bermanfaat untuk orang lain atau dengan kata lain kita dibutuhkan oleh orang lain (untuk hal-hal yang bermanfaat).

Kebahagiaan itu tidak dapat dibeli atau didapatkan dengan uang, tidak dapat dan tidak dapat didapatkan dengan uang !!!!!!!!
Jalanilah hidup tidak dengan memaksakan diri. Dalam artian, jadilah dan bekerjalah dengan kemampuan yang kita miliki. Apabila ingin lebih maka tingkatkanlah kemampuan kita dengan belajar melalui buku ataupun pengalaman.

Semoga tulisan yang sederhana ini bermanfaat bagi yang membaca.

Salam,
Anang

Saturday, March 19, 2005

Real Friendship

Real friendship...we know that if it can be proven like our friends don't leave us when we need them. The best thing we can do is we always try to make our friends smile. Make them smile and they will make us smile. Life is so beautiful. Life is full of colors. But, unfortunately we do not know that. Make our life happier every day by helping and making our friends smile.

Tuesday, January 25, 2005

GOOD BOOK

Good book is the book that was made in the reason to give best knowledge or information to people who read the book.
The bad book is the book that was made in the reason to get only famous name for the writter.